Tips Membeli Rumah Baru Dari Developer yang Terpercaya

Tips membeli rumah baru dari developer sangat diperlukan sebelum mengambil keputusan final untuk membeli rumah khususnya jika bekerjasama dengan pengembang. Dapat memiliki rumah sendiri merupakan impian bagi sebagian besar orang terlebih bagi yang sudah mapan atau sudah berkeluarga. Bahkan selain untuk dihuni sendiri, membeli rumah dapat juga dijadikan investasi jangka panjang yang memberikan keuntungan tinggi setiap tahunnya. Sudah menjadi rahasia umum jika kini pertumbuhan penduduk semakin tinggi sehingga ketersediaan tanah juga semakin berkurang. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab utama semakin tingginy peminat rumah baik dibeli untuk hunian maupun investasi. Harga jual rumah juga semakin meningkat seiring berjalannya waktu. 
Tips membeli rumah baru dari developer yang dapat dipercaya
Pembeli rumah saat ini sudah disediakan banyak sekali pilihan hendak membeli rumah bekas atau rumah baru. Bahkan jika merasa kesulitan dalam menemukan rumah yang tepat, pembeli pun dapat melakukan kerjasama dengan developer atau pengembang. Tips membeli rumah dari developer yang aman sangat perlu diketahui supaya dapat memilih developer yang benar-benar profesional dan terpercaya.
Selain itu, jalinan kerjasama terhadap developer yang tepat juga akan membuat pembeli merasa nyaman dan memperoleh apa yang diinginkan. Berikut ini adalah daftar tips dalam membeli rumah melalui developer:
1.      Memilih developer yang profesional dan bereputasi
Tips yang paling utama adalah menyangkut pemilihan developer yang akan bekerjasama dengan pembeli untuk proses pembelian rumah yakni memastikan kredibilitas dan reputasi developer. Untuk menggali informasi tentang kualitas pelayanan developer dapat dilakukan dengan mendalami testimoni dari konsumen-konsumen sebelumnya dan dapat memeriksa kelengkapan perijinan dan komponen pembangunan perumahan yang seharusnya dimiliki oleh developer, antara lain:
-          Perijinan untuk tanah diantaranya nomor dari sertifikat tanah,  site plan yang disahkan pihak berwenang, ijin lokasi, aspek penatagunaan lahan, surat ijin mendirikan bangunan atau IMB, surat ijin penggunaan bangunan atau IPB dan surat ijin penunjukkan penggunaan tanah atau SIPPT.
-          Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) induk.
-          Prasarana dan kelengkapan yang sudah tersedia.
-          Sertifikat tanah minimal berstatus SHGB atau HGB Induk atas nama developer.
-          Kondisi tanah sudah siap bangun.

2.      Pastikan kesepakatan ada masa retensi
Tips membeli rumah baru dari developer yang kedua adalah mengenai kesepakatan yang sah dan resmi tentang kebijakan pada masa retensi. Saat membeli rumah baik secara tunai atau kredit, seharusnya terdapat masa retensi dengan kurun waktu sesuai kesepakatan yang sah dan resmi. Dimana jika terdapat kerusakan pada masa retensi tersebut masih menjadi tanggungjawab developer dan seluruh perbaikan seharusnya ditanggung oleh developer. Pastikan kesepakatan tersebut tertuang dalam perjanjian tertulis yang disepakati kedua belah pihak dan sah di mata hukum.
3.      Hindari pembayaran DP ke developer sebelum KPR disetujui
Apabila pembelian rumah dilakukan dengan cara mengikuti program Kredit Pemilikan Rumah atau KPR, maka sangatlah perlu mengetahui cara aman beli rumah dari developer. Mengikuti program KPR memerlukan persyaratan dan waktu pengurusan. Bahkan bisa terjadi kemungkinan jika pengajuan KPR tidak disetujui atau ditolak karena beberapa hal. Untuk itu, supaya aman, jangan memberikan Down Payment atau DP terlebih dahulu pada pihak developer sebelum pengajuan KPR benar-benar disetujui. Bisa saja pengajuan tidak disetujui oleh pihak bank karena masalah penghasilan, kelengkapan dokumen atau yang lainnya. Jika sudah membayar DP dan teryata pengajuan ditolak, maka untuk memperoleh uang DP kembali biasanya cukup ribet dan selalu ada potongan dari pihak developer.
Keuntungan membeli rumah melalui developer
Setelah jelas memahami ulasan mengenai tips aman membeli rumah dari developer di atas, kini saatnya untuk mengetahi keuntungan dari kerjasama dengan developer pada saat membeli rumah. Tujuan dari adanya developer atau pengembang adalah untuk memudahkan para calon pembeli yang hendak membeli dan memiliki rumah. Untuk itu, simak beberapa keuntungan bekerjasama dengan developer berikut ini.
-          Sangat pas bagi pembeli yang terlalu sibuk dan jarang memiliki waktu luang karena tidak perlu begitu repot dalam mencari tanah untuk kemudian dibangun rumah. Bahkan pembeli juga tidak perlu pusing-pusing memikirkan desain rumah karena sudah menjadi tugas dari developer.
-          Kawasan perumahan sudah tertata rapi dengan landscape serta berbagai fasilitas yang mendukung.
-          Pembelian dapat dilakukan secara kredit karena pada umumnya pihak developer bekerjasama dengan pihak bank untuk penyelenggaraan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR. Tentunya dengan persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi.
-          Karena pembangunan rumah sudah jelas waktu selesainya, maka sebagai calon pemilik sudah dapat memperhitungkan kapan kemungkinan harus renovasi atau melakukan perbaikan.
-          Legalitas rumah lebih terjamin karena akan memperoleh jaminan resmi, sah dan berlandaskan hukum dari developer.
-          Dapat mengetahui riwayat material yang digunakan sebagai bahan pembangunan rumah.
Ternyata cukuplah terbantu dan banyak nilai positifnya jika membeli rumah dengan bekerjasama pada developer. Yang terpenting adalah memperhatikan beberapa tips membeli rumah baru dari developer di atas. Semoga bermanfaat!

No comments

Powered by Blogger.