Tips Memaksimalkan Rumah Minimalis Sederhana Type 36

Rumah minimalis sederhana type 36 saat ini banyak bertebaran di Indonesia dan lebih laku terjual. Hal ini dikarenakan kebutuhan rumah yang tinggi namun harga rumah semakin mahal. Sehingga rumah rumah minimalis type 36 1 lantai menjadi salah satu solusi. Walau ruangannya cukup sempit, namun jika mengikuti beberapa tips berikut ini, pasti akan bisa terlihat lebih luas.

9 tips rumah minimalis sederhana type 36
Rumah menjadi sebuah kewajiban pokok yang harus dipenuhi. Apalagi di lingkungan perkotaan yang kini semakin padat. Oleh karena itu, perumahan dengan type-type rumah kecil bisa menjadi sebuah solusi akan kebutuhan hunian yang tinggi. Wajar jika saat ini rumah-rumah type kecil digemari. Selain harganya tidak terlalu mahal jika dibanding type yang lebih besar, rumah type 36 ini cukup mampu memenuhi kebutuhan berhuni masyarakat.
Namun, sudah diketahui bersama bahwa rumah minimalis sederhana type 36 tidak memiliki cukup banyak ruang. Dengan kata lain, rumah type 36 adalah rumah sempit. Oleh karena itu diperlukan sebuah cara atau tips yang bisa diterapkan untuk dapat menata desain interior rumah type 36 menjadi sebuah ruang huni yang layak. Simak penjelasan berikut ini.
1.      Perhatikan kebutuhan ruang
Untuk rumah type 36, kebutuhan ruang tidak perlu terlalu banyak, mengingat lahan yang sempit. Untuk itu, sebaiknya satukan dua fungsi ruang ke dalam satu ruang. Misalnya dengan menjadikan ruang tamu juga sebagai ruang keluarga untuk menonton televisi. Selain itu, bisa juga menggabungkan fungsi ruang makan dengan dapur. Dengan demikian, akan didapatkan ruangan yang lebih fungsional.
Untuk ruang-ruang utama seperti ruang tamu / ruang keluarga, bisa disiasati dengan jendela yang lebar dan luas. Jendela yang lebar dan luas ini akan memberikan kesan yang lebih modern dan luas. Jendela bisa memasukkan cahaya matahari agar ruangan terasa lebih terang dan luas. Lalu, gunakan tirai yang tipis atau tirai dengan warna yang lembut, seperti abu-abu muda atau warna pastel.
Kebutuhan perabot di ruang tamu juga perlu diatur. Jangan memilih sofa yang ukurannya terlalu besar atau yang memiliki bentuk berlebihan. Gunakan saja sofa yang sederhana dan nyaman. Selain itu, di daerah dapur bisa juga dilengkapi mini bar yang tujuannya untuk tempat makan bersama keluarga.
2.      Jangan mengandalkan warna putih
Desain rumah mungil type 36 kebanyakan menggunakan warna putih, baik di lantai, dinding, maupun plafond. Sebisa mungkin jangan mengandalkan warna putih, karena warna putih tidak selamanya mengesankan ruang yang lapang. Justru terlalu banyak warna putih bisa menyebabkan adanya ruang terbayangi, yang pada akhirnya membentuk kesan yang lebih sempit.
3.      Buang barang yang tidak terpakai
Kebiasaan buruk masyarakat Indonesia adalah menyimpan barang-barang bekas yang tidak terpakai. Sebaiknya hilangkan kebiasaan buruk ini. Buang saja benda-benda yang tidak terpakai, karena hal ini akan mengganggu dan memenuhi rumah sehingga rumah susah diatur.
4.      Kombinasi warna
Gunakan kombinasi warna yang tepat untuk memberikan kesan ruang yang luas dan lapang. Kombinasi warna juga bisa dilakukan dengan perpaduan warna dari perabotan, karena bagaimanapun juga, perabot adalah salah satu bagian dari rumah itu sendiri.
5.      Menjadi kreatif
Penghuni rumah harus kreatif untuk membentuk kesan rumah yang elegan. Saat ini ada banyak tutorial maupun cara-cara yang bisa dilakukan untuk membentuk dekorasi rumah yang indah. Cari referensi yang indah untuk membentuk kesan rumah yang elegan.
6.      Jendela
Sebisa mungkin gunakan jendela yang luas. Tujuannya agar rumah selalu dimasuki cahaya matahari dan sirkulasi yang nyaman. cahaya dan sirkulasi udara yang nyaman akan memberikan kesegaran pada penghuni rumah
7.      Dekorasi minimalis
Karena merupakan rumah minimalis dengan tipe kecil, ada baiknya menggunakan dekorasi yang tidak terlalu ramai. Gunakan saja rak buku atau lemari kaca sebagai bagian dari dekorasi. Dan pilih bentuk-bentuk yang tidak berlebihan. Cukup yang sederhana saja dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.
8.      Trik cermin
Cermin yang bisa memantulkan bayangan bisa diletakkan di beberapa sudut ruangan. Tujuannya untuk memberikan kesan ruang yang lebih luas. Cobalah untuk memasang cermin di kamar mandi, di ruang keluarga, atau di surut-sudut ruang yang dibutuhkan.
9.      Lukisan yang besar sebagai fokus
Keberadaan lukisan yang besar sebagai dekorasi ruangan bisa diletakkan di ruang tamu untuk menarik perhatian. Lukisan yang besar bisa menjadi satu fokus utama, sehingga kesan ruang yang sempit tidak akan dirasakan oleh penghuni rumah.
Itulah beberapa tips untuk memaksimalkan rumah minimalis sederhana type 36 agar bisa menjadi sebuah ruang huni yang layak untuk ditinggali. Ingat selalu untuk menata ruangan sesuai dengan kebutuhan. Jangan berlebihan, mengingat rumah type 36 sangatlah sempit. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk banyak orang.

No comments

Powered by Blogger.